Artikel Islami

kesabaran

Setiap manusia tak luput dari Ujian dan cobaan . berbagai macam bentuk musibah dari ketakutan, kelaparan, kemiskinan, kematian, dsb. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 155.

وَلَنَبلُوَنَّكُم بِشَيءٍ مِنَ الخَوفِ وَالجوعِ وَنَقصٍ مِنَ الأَموٰلِ وَالأَنفُسِ وَالثَّمَرٰتِ ۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرينَ

Artinya : “ Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar

Pemberitaan dari Allah SWT. kepada para pengikut Rasul-Nya, bahwa Ia akan menguji mereka dengan perkara-perkara yang berat, supaya nyata diketahui orang yang mengikuti Rasul-Nya dan orang yang berpaling”.  Berbagai ujian kepada para hamba-Nya, agar nampak jelas diantara para hamba tersebut siapakah yang jujur   keimanannya dan siapa yang berdusta, siapakah yang selalu berkeluh kesah dan siapa yang bersabar. Demikianlah sunnatullah, karena manakala keadaan suka semata yang selalu mengiringi orang beriman tanpa adanya tempaan dan ujian, maka akan muncul ketidakjelasan dan ini tentunya bukanlah suatu hal yang positif, sementara hikmah Allah menghendaki adanya sinyal pembeda antara orang-orang baik (ahlu al-khair) dan orang-orang jahat (ahlu as-syar).

fungsi dari tempaan dan ujian, bukan untuk melenyapkan keimanan orang-orang yang beriman dan bukan pula untuk menjadikan mereka murtad. Sesungguhnya Allah SWT tidak akan menyia-nyiakan keimanan para hamba-Nya yang beriman.

Siapapun yang mendapatkan cobaan dari Allah dan dia yakin kepada-Nya akan adanya balasan yang lebih baik, maka ia mendapatkan pahala dari kesabaran dan keridhaannya terhadap musibah. Inilah balasan yang Allah janjikan :

Allah SWT menjanjikan syurga baginya(Mu’min) yang ditinggal kekasihnya.

Dari Abu Hurairah ra. bahwasanya Rasulullah saw. bersabda : Allah Ta’ala berfirman : “Tidak ada balasan disisiKu bagi hambaKu yang mu’min apabila aku mematikan kekasihnya dari penghuni dunia dan ia mengharap pahalanya, melainkan sorga”. (Hadits ditakhrij oleh Bukhari).


Allah menjajikan syurga bagi orang tua manakala anaknya yang  belum dewasa dipanggil menghadap-Nya.

Dari Abu Hurairah ra. dari Nabi saw, beliau bersabda : “Tidaklah dua orang Muslim yang tiga orang anaknya yang belum dewasa meninggal dunia melainkan Allah memasukkannya ke sorga sebab anugerah rahmatNya kepada mereka”. Beliau bersabda : “Dikatakan kepada mereka : “Masuklah ke sorga”. Mereka menjawab : “Sehingga orang tua kami masuk (syurga)”. Dia berfirman : “Masuklah kamu ke (syurga) dan orang tuamu”. (Hadits ditakhrij oleh An Nasa’i).

Subhanallah, Engkaulah Tuhan-ku Yang Maha Pengasih Lagi Maha Pemurah.
Tiada Tuhan selain Engkau.

Hendaklah kita selalu bersabar dan pasrah dalam mengahadapi segala macam musibah. Dan janganlah berputus asa atas rahmat-Nya. Karena  sesungguh-Nya Allah Maha Pengasih dan Penyayang kepada hambanya yang beriman dan bertaqwa.

Tiada yang saya harap kecuali Ridha-Nya
dan banyak harap semoga bermanfaat
Aamiin Allahumma Aamiin.

Baca juga  :

1. Kisah Pemuda Ahli Surga 

2. Hak Dan Kehormatan

3. Surat An Naas

4. Posisi Sunnah Rasul Terhadap Al-Qur’an

5. Akhlakul Karimah

Akhlakul Karimah

6. Keutamaan Melaksanakan Sunnah

31 comments on “Artikel Islami

  1. ARTIKEL INI MENGKUATKAN IMAN Q… mudah2an semakin bnyak umat yg membaca artikel ini… sadar betapa arti a kesabaran dalam kehidupan ini

  2. Subhanallah…. hari ini qmndptkn ilmu baru… Semoga ini sangat bermanfaat bg qt semua, bg pembaca, & mnjdkn ladang amal bt anda. Syukron Akhi/Ukhti..

  3. Ping-balik: Artikel Islami | navjotkaur1979

  4. Ping-balik: …….. | navjotkaur1979

  5. subhanallah… sungguh bermanfaat,, smoga allah ridho’ dng ada nya web ini.. smoga allah melimpah kn ilmu yg banyk bagi pembaca nya,, dan smoga allah menambah kn amal ibadah buat anda..

    • Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

      Silahkan yang mau copy, tanpa harus minta ijin dulu. karna sesunguhnya ilmu itu adalah kepunyaan Allah.

      mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan

      terima kasih atas kunjungannya

      salam santun ukhuwah fillah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s